profil assalaam  kurikulum assalaam program belajar assalaam artikel assalaam fasilitas assalaam profil staf assalaam
back home
   


 

Kurikulum Taman Kanak-kanak

 

     
 

TK Assalaam mengacu kepada peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 tentang STANDAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI dengan pendekatan "Pembelajaran Holistik Berbasis Karakter" (character based integrated curriculum),yaitu pembelajaran terpadu yang "menyentuh" semua aspek kebutuhan anak. sebuah kurikulum yang terkait, tidak terkotak-kotak dan dapat merefleksikan dimensi, keterampilan, dengan menampilkan tema-tema yang menarik dan kontekstual.

TK Assalaam adalah TK Umum yang bernafaskan Islam dengan kurikulum sebagai berikut :   

  • Kurikulum Umum/Depdiknas
  • Kurikulum Depag
  • Kurikulum khas Assalaam

Kurikulum TK sesuai dengan peraturan pemerintah tentang pendidikan pra sekolah yang terhimpun dalam kurikulum 2004  dengan standar kompetensi.


1.  Kurikulum   Nasional

Lingkup kurikulum dipadukan dalam bidang pengembangan yang utuh, mencakup  : 

  • Bidang pengembangan pembentukan Prilaku melalui pembiasaan  dan pengembangan dasar yang disesuaikan dengan tahap perkembangan anak
  • Program kegiatan belajar dalam rangka pembentukan Perilaku melalui pembiasaan yang terwujud dalam kegiatan sehari-hari di TK yang meliputi Pengembangan Moral dan nilai-nilai, Agama, Sosial / emosi  dan kemandirian
  • Perogram kegiatan Belajar dalam rangka Pengembangan kemampuan Dasar. Melalui kegiatan yang dipersiapkan oleh Guru yang meliputi  :  Kemampuan berbahasa, kognitif, fisik motorik dan seni
  • Image004.jpg

    Image048.jpg

     

2.  Kurikulum Agama

Sesuai yang digariskan oleh Departemen Agama dalam hal ini mencakup : Pendidikan Akhlaq, Pengenalan surat-surat  dan do’a-do’a harian.

dalam pencapaian kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai anak pada usianya, proses pembelajaran dirancang dalam tema-tema yang menarik dan kontekstual bagi anak. proses pembelajaran  juga menjadi semakin bermakna dan menyenangkan bagi anak dengan adanya sentra-sentra yang dapat membantu anak mengembangkan potensinya.

setiap sentra mempunyai satu kegiatan khusus  dan fokus bidang pengembangan tertentu, yang didampingi oleh 2 orang guru. setiap hari murid nelajar disentra-sentra  dengan kelompoknya masing-masing. murid dikelompokan berdasarkan usia atau tingkat perkembangannya. perputaran kelompok diatur sedemikian rupa sehingga setiap murid  mndapatkan kesempatan untuk mengikuti beberapa kegiatan sentra.

sentra-sentra kegiatan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :

Sentra Umum

1. Imajinasi  : mengembangakan kemampuan anak dalam berimajinasi, bersosialisasi dan berkomunikasi. bermain peran juga dapat membentuk karakter anak, serta melatih anak untuk mengarang cerita sendiri.

2. Rancang Bangun : melatih anak bekerja dengan balok untuk mengembangakan kecerdasan ruang, kreatifitas, imajinasi, konsep dasar matematika dan sains melalui eksperimen, eksplorasi dan kerja kelompok.

3. Seni dan Kreasi : mengembangkan motorik halus, keterampilan, kreatifitas, inisiatif, motivasi dan estetika (keindahan)

4. Eksplorasi : mempertajam panca indra, rasa ingin tahu, dan melatih keberanian berekspresi, bereksperimen dan eksplorasi dengan menggunakan berbagai warna tekstur, air, dan bahan alam lainnya. selain itu juga mengantar anak untuk memahami konsep-konsep dasar sains

5. Persiapan : mengenalkan konsep berhitung, persiapan membaca dan menulis. termasuk melatih konsentrasi dan berfikir logis.

6. Sentra Komputer : mengenal komputer dan kegunaannya bagi kehidupan sehari-hari. melatih abak untuk beraktifitas menggunakan komputer (melatih daya ingat, mengenal warna, ukuran, mengenal hewan, tumbuh-tumbuhan, mewarnai dan lain-lainnya. 

Sentra Ibadah meliputi :

1. Sentra Do'a : mengenalkan anak pada do'a-do'a harian dan artinya (bahasa Arab)

2. Sentra BTHQ : mengenalkan anak pada baca tulis huruf hijaiyah

3. Sentra Al-Quran : mengenalkan anak pada surat-surat  pendek dalam Al-Quran berserta artinya.

4. Sentra Sholat & Wudhu : mengenalkan anak pada praktek ibadah sholat dan wudhu

5. Sentra Tauhid : mengenalkan anak tentang Allah, Rosul, Keimanan dan keislaman. 

3.  Kurikulum khas Assalaam

Selain kurikulum berbasis kompetensi, PG-TK Assalaam juga menerapkan kurikulum khas assalaam yang terdiri dari :

 

a. B2MDA (Bimbingan Bekal Masa Depan Anak)

Kurikulum ini memberikan materi keagaam yang dapat menjadi bekal di masa depan anak, antara lain : Keimanan, Kalimat Thayyibah, Ibadah, Hapalan Surat Pendek, Bahasa Arab dan Qira’ati

b. PPNP (Program Pembiasaan Nilai-nilai Positif)

Dalam program ini, anak dilatih untuk membiasakan nilai-nilai Positif dalam kehidupan sehari-hari seperti ucapan salam dan cium tangan, berdo’a dalam segala aktivitas, palaksanaan ibadah (belajar shalat di masjid, wudhu, adzan dan iqomah, dzikir), melatih kedisiplinan, kemandirian, serta kepedulian akan kebersihan.

c.  Pendidikan Karakter

Pendidikan Karakter diberikan secara formal dan non formal setiap hari dengan tujuan agar anak mengetahui, mencintai dan melakukan karakter-karakter positif.

Dalam pembelajaran, kurikulum di atas dilaksanakan secara terintegrasi dengan kegiatan lainnya. Dan setiap kegiatan pembelajaran dari awal hingga akhir selalu diiringi dengan kata-kata yang mengagungkan Asma Allah.

Image056.jpg

Image016.jpg


 
     

COPYRIGHT © 2010 PG-TK ASSALAAM

logo assalaam
Yayasan Assalaam
Bandung
Developed by MN ePublishing


| HOME | PROFIL | KURIKULUM | PROGRAM BELAJAR | ARTIKEL | FASILITAS | PROFIL STAF | PENDAFTARAN | CONTACT US |